Untuk Anda Yang Sedang Lelah Dan Hilang Arah

Villa-Pramesti-Bogor.jpg Hidup ini adalah PERJALANAN PANJANG, dan sebagaimana sabda Nabi Shollallohu Alaihi Wasallam : “Perjalanan panjang adalah potongan dari azab”. [HR. Bukhori dan Muslim]

Sehingga wajar bila di tengah perjalanan itu akan banyak cobaan, musibah, rintangan, hilang arah, lelah, bingung, dan seterusnya.

Oleh karenanya, bila Anda merasa bingung, lelah, tidak punya arah…, maka berhentilah sejenak, istirahatkan diri, dan fokuslah untuk menguatkan diri dahulu, agar Anda menjadi kuat kembali, dan bisa meneruskan kembali sisa perjalanan Anda…

Fokuslah ketika itu untuk mendekatkan diri kepada Allah, niscaya Allah akan menguatkan jiwa dan raga Anda… Perbanyak dzikir, sholat, berdoa, membaca Alquran, dan ketaatan lainnya…

Atau bila masih bingung, fokuskan diri Anda untuk membasahi lidah Anda dengan DZIKIR, yang dapat mendekatkan diri kepada Allah, sampai Anda kuat kembali.

Dan acuhkan untuk sementara urusan dengan manusia, kecuali yang darurat saja… Karena saat Anda lelah atau lemah, Anda harus meringankan dan menurunkan beban di pundak Anda untuk sementara waktu, hingga Anda kuat kembali mengangkatnya dan berjalan lagi.

Ingatkan diri, bahwa kita hidup di dunia bukan di surga, maka jangan harap ada kebahagiaan murni dan abadi… Sebaliknya dunia ini juga bukan neraka, maka tidak mungkin ada kesedihan dan kesengsaraan yang murni dan abadi.

Kebahagiaan dan kesedihan akan datang silih berganti, maka jangan sampai goyah dalam langkah perjalanan panjang Anda menuju surga.

Semoga Allah memberikan taufiq-Nya kepada kita semua, amin.

Oleh Ust. Musyaffa Ad Dariny, MA

Silahkan share jika dirasa bermanfaat….

20 pemikiran pada “Untuk Anda Yang Sedang Lelah Dan Hilang Arah

  1. Amin, amin ya rabbal 'alamin. Kita harus merasa sadar jika kita hidup di dunia hanya cari amal buat di akhirat kelak. Sebanyak apapun amalnya, itu yg kita dapat di dunia yg sifatnya hanya sementara.

    Saya sendiri masih merasa jauh dari sifat taat menjalankan amalanNya. 😦

  2. Kalau masalah hilang semangat atau putus asa. Udah pasti pernah ngalamin. Cuma beruntungnya ga sampai berlarut-larut.

  3. dunia bukan surga bukan pula neraka

    mengembara di alam fana dunia mencari dan mengumpulkan bekal untuk menuju alam kekal akhirat

    masyaallah
    astaghfirullah azhiim
    sungguh jauh kaki ini melangkah

    jauh dari ketaqawaan kepada Allah
    bagaimana diri ini menghadap pada Nya dengan membawa dosa

    terimakasih sudah diingatkan
    barakallah fikum

  4. yaa!! memang dalam hidup terkadang orang bisa atau mungkin tak ter arah dengan benar, namun kesemuanya itu adalah sudah menjadi bagian dari hidup yang harus kita perjuangkan dengan ikhlas..

    Dan Ingatlah, hidup mengandung tiga dimensi sekaligus ; masa lalu, masa kini, dan masa depan. Masa lalu sering kali mengahanyutkan anda dengan bernostalgia dan mengenang keindahan atau kepahitan yang kita rasakan. Ia bergelayut dalam alam perasan kita, membuat anda tesenyum, pun juga bisa membuat anda menangis. Tapi satu hal yang pasti, masa lalu tak akan pernah mungkin kembali. Sebaliknya, masa depan adalah ruang yang terbentang dan terhampar luas di hadapan kita.. 😀

  5. Tapi bagaimana cara menghilangkan rasa sakit hati yang sangat mendalam karena hidup yang penuh perderitaan?
    Sehingga serasa untuk apa hidup? Dan bosan hidup?

  6. Hanya untuk atas saya….

    Tuhan memberikan cobaan dan kepada hambanya agar tidak melampaui batas, dan selalu bersyukur atas segala karunia hidup yg sdh kita rasakan ini…..

    ikhlas…. itulah kunci sukses seorang hamba Allah….

    gak ikhlas…. itu bukanlah seorang hamba Allah…
    hanya seorang pecundang yg akan gagal dalam hidupnya…

  7. Ketika kita berjalan terlalu cepat, kita kehilangan waktu menikmati pemandangan sekitarnya..ketika kita sering berhenti maka kita akan ketinggalan..jadi berkalanlah menurut irama kaki.
    Klo kita naik mobil yg fungsikan kaca spion untuk sesekali melihat blakang, tp fokus utama ya kaca depan..

    Lelah itu bisa lelah fisik dan lelah bathin. klo lelah fisik istirahat solusinya..tp klo lelah bathin dampaknya bisa macam2..yg jd pendiam pemarah sensitif..solusinya ya bersihkan pikiran dg contoh ritual ritual diatas..dzikir..

  8. Terkadang kita sulit untuk menentukan arah tujuan hidup kita, bnyak simpangan yg harus di lalui, dan kit harus pintar memilih jalan mana yg mw qt tuju..

  9. itu memang betul gan. Apalagi yang sedang kita jalani blum pasti keberhasilannya. Musti kuatkan tekat dulu baru lanjut petjalanan

  10. kalau sdah kehilangan arah dan lelah kata guru ane mendekatlah ke tuhan dengan sholat atau dzikit pasti insya allah bakal diberi kemudahan sama Allah Swt jangan minum minum biar pikiran hilang sejenak atau minum obat obat aneh

  11. Setuju sama mas Jen.
    Intinya jangan ngoyo. Ya toh mas ?
    Rejeki, udah ada yang ngatur.
    Kalo untuk halangan dan cobaan, tentu itu bagian dari hidup. Jadi tetap percaya saja sama Maha Pemberi Cobaan, karna DIA juga memberikan jalan.

  12. Hidup terkadang memang sulit, tapi dihadapi dengan sabar dan tawakal hidup akan terasa senang.

    Dengan cara yang diuraian diatas itu juga terkadang saya lakukan bila saya merasa lelah.

  13. hanya yang tak memiliki iman yang dapat di buatakan disini. 🙄
    istighfar itu memang simple, makna dan khasiatnya.. Subhanallah.

    Aku baca artikel ini berasa terdidik yo mas. Muehehehe

  14. Terkadang ujian bisa menimpa siapa saja..
    ibaratnya di memulai perjalanan, sebelum sampai tujuan tentu kita harus membawa dan mempersiapkan bekal meskipun di persimpangan banyak godaan berupa jajanan.

    Semoga kita semua selalu diberi kesabaran dan dilindungi Allah subhanahu wata'ala.

Tinggalkan komentar