Jalan Hidup Kadang Tak Sesuai Rencana, Tapi Roda Terus Berputar

hidup-kadang-tak-sesuai-rencana-tapi-roda-akan-terus-berputar.jpgJeni Bachelor’s-Harapan dan realita kadang tak sejalan. Tak semua yang kita inginkan bisa terwujud. Rencana yang kita buat adakalanya berjalan tak sesuai dengan ekspektasi. Jika sudah begini, ah rasanya ingin menyerah dan putus asa saja.

Tapi sekalipun kamu putus asa dan berhenti berusaha, hidup masih akan terus berjalan. Diam saja di tempat dan menyalahkan keadaan tak akan membuat perubahan apapun. Memangnya kita mau menyia-nyiakan hidup kita begitu saja tanpa membuat sesuatu yang berarti.?

1. Sedih Boleh, Tapi Jangan Lama-Lama

Menangis saja jika itu bisa membuat hatimu kuat. Bersedihlah kalau itu bisa meringankan hatimu. Luapkan semua kekesalan hati sepuasnya tapi jangan lama-lama, ya. Masih banyak tanggung jawab dan prioritas yang harus kamu lakukan. Ada hal-hal yang lebih penting yang butuh perhatianmu. Matahari juga masih berputar, siang dan malam masih akan terus datang silih berganti. Nggak mau kan kita melewatkan hal-hal penting karena terlalu tenggelam dalam kesedihan diri?

2. Saat Kita Terjatuh, Saat Itulah Kita Makin Kuat

Ketika kita terjatuh, saat kita gagal melakukan sesuatu, di saat itulah kita akan makin kuat. Dari luka, kita akan lebih menghargai bahagia. Dengan merasakan kesedihan, kita bisa melihat hidup dari sudut pandang yang berbeda. Terluka dan terjatuh, itu semua sudah jadi bagian dari ujian kita. Kalau tidak begitu, mana bisa kita jadi seseorang yang lebih kuat. Besi saja harus ditempa berkali-kali di suhu yang super panas untuk bisa jadi sebilah pedang.

3. Hidup Itu Bagai Mengendarai Sepeda

Sepeda harus terus dikayuh agar kita tetap bisa berjalan dan sampai tujuan. Begitu juga dengan hidup. Untuk mencapai tujuan hidup yang kita inginkan, kita harus tetap melangkah. Kita tak bisa hanya diam begitu saja jika ingin menggapai sesuatu. Memang sesekali kita harus berhenti sejenak untuk kembali mengumpulkan energi. Setelah itu, kita harus melanjutkan perjalanan.

4. Langkahmu Mungkin Terhenti Tapi Itu Sebenarnya Memberimu Kesempatan untuk Istirahat

Saat terjatuh atau terhenti, anggap itu adalah kesempatanmu untuk beristirahat. Memang nggak mudah menghadapi kenyataan itu tapi selalu ada cara untuk berpikir positif. Saat gagal melakukan sesuatu, pasti ada hikmah di baliknya. Mungkin memang belum saatnya kamu berhasil. Bisa jadi malah ada sesuatu yang lebih besar yang menunggumu di pintu yang lain.

Just keep moving forward. Mungkin kamu merasa hidupmu tak adil. Ada banyak duka dan kesedihan yang kamu rasa. Tapi kamu selalu bisa memilih jalanmu sendiri. Kamu yang memegang keputusan ingin membuka pintu yang mana. Jangan sampai langkahmu terhenti di saat keberhasilan itu tinggal selangkah lagi.

Kata-kata roman Jeni Bachelor’s Sites hari ini ;

  1. Apa kau pernah tanyakan pada semilir angin, tatkala diriku hilang?

    Sedang pucuk-pucuk ranting begitu indah melukis purnama.

Iklan

29 pemikiran pada “Jalan Hidup Kadang Tak Sesuai Rencana, Tapi Roda Terus Berputar

  1. aku akan kaitkan komenku di satu poin saja yo mas. Aku mau komentari di poin pertama

    Bersedih/menangis
    bersedih ya. Entah kenapa bersedih mendapat pandangan yang lain dari berbeda-beda pasang mata manusia ya. Seolah-olah, bersedih adalah hal yang tabau untuk di lakukan. Menangislah. Menangis hingga bantal yang di gunakan, mendapat perasan banyak air matamu. Menangis lah hingga airmatamu tak dapat lagi keluar *gila ngeri kalo gak ada air mata 😐

    ya jangan lama-lama, dunia akan terasa mati karena hati yang mati. Mungkin begitu. 😀

  2. Kita terlahir di dunia ini juga tidak direncanakan, tiba2 dinjebrotin sma orang tua. Orang tua kita juga gt.. Mereka gk nyangka kok dilahirin. Terus mau nyalahin siapa? Masa saya?? enak aja! 👿 😛 sudahlah jalani aja dgn berusaha, kemudian pasrahkan semuanya pada sang maha pencipta.

    Gimana, keren gk kalimat2 gue? 😀

  3. Nambahin kata-katanya aja ah.
    "jeni berlari kesana-sini,
    begitu gembiranya dia hari ini,
    bintang yg telah lama dinanti-nanti,
    kini jatuh menimpa bumi"

  4. Hidup adalah tantangan, dan hidup perlu diperjuangkan, untyk itu terima kasih telah mengingatkan dalam motivasi ini.

    Juga maaf banget, mas Jeni, baru bisa berkunjung kemari lagi.

  5. ~

    Aku lebih menerima dan menjalani dengan rasa syukur, tapi aku juga berusaha untuk tetap bertahan hidup sesuai dg inginku, ada banyak halangan tentu saja karena hidup adalah kesempatan utk berbuat dan berusaha kemudian mendapatkan apa yg kt usahakan, andai tdk pun aku yakin Allah telah sediakan yg lebih baik

    ~

  6. Waktu terus berjalan, do'a dan ikhtiar jangan pernah berhenti walau jalan hidup tak sesuai rencana…hindari keputus asaan & terus berjalan maju.

  7. Jalani sajalah hidup apa adanya, mau sukses atau gagal di syukuri saja..
    Manusia hanya bisa berencana, berusaha dan berdoa tapi tuhan lah yg menentukan semuanya..

    Bersedih atas kegagalan memang wajar & manusiawi, akan tetapi apakah dengan kegagalan itu membuatmu buta akan hidupmu selanjutnya..
    Perlu di ingat kegagalan merupakan pintu utama menuju keberhasilan..

  8. Hidup tak lepas dari dualitas dunia…susah-senang…siang-malam datang silih berganti…..Karang terjal yang menghadang merintangi jalan hidup sebenarnya hanyalah kerikil yang bisa kita injak, apabila kita menjalani hidup penuh ikhlas

    Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri." (QS. Ar-Ra'du 11)

    Artinya apa? Tuhan tidak memberi apa yang kita inginkan. Bahkan tidak memberi apa yang kita butuhkan. Realistis saja, Tuhan hanya memberi apa-apa yang kita upayakan. Udah gitu aja.

    Good share juragan….matur tengkyu

  9. Iya memang benar mas, terkadang kita merasakan kalau hidup memang tak adil. Itu juga sering menimpaku. Kenapa aku begini? Kenapa ini terjadi? Atau kenapa takdirku begitu kejam? Ahh! Sudah pasti semua orang pernah merasakannya. Di dalam lubuk hati terdalam kita dapat temukan jawabannya. Bahwa kehidupan ini sebenarnya adil! Tuhan sudah menentukan jalan terbaik buat setiap hambanya. Maka, apa takdirmu? Jalanilah! Jangan pernah putus asa, selalu berusaha dan berdoa. Ikhlas adalah kunci yg utama 🙂

    Btw aku suka kata2 romannya mas 😀

  10. Harapan lebih sering gak sesuai dengan kenyataan ya… yang terbaik adalah mensyukuri apa saja yg sdh kita dapatkan..

    trims postnya…. 😉

  11. Kata2nya bisa menginspirasi. Kayak mario teguh. Hidup yang tak sesuai keinginan bisa membuat orang tersebut menjadi patah hati yo mas?

    Contoh, kalau ada orang yg suka sama cewek, terus ceweknya tdk mau nerima, yang ada kan jadi patah hati. 😦

  12. Jika jalan hidup selalu sesuai yg kita rencanakan, maka tak ada kejutan² indah yg dapat kita rasakan.

    Roda kehidupan terus berputar, susah-senang datang bergantian.
    Tidak selamanya kepulan asap itu membawa petaka. Terkadang juga membawa suka cita.
    Contone; kepulan asap sego mateng. 😀

  13. wah ternyata kang jeni motivator juga ya kayak mario teguh. Memang hidup akan terus berjalan, biarpun terjatuh dan sakit kita harus bangun tertatih tatih dan terus melangkah pelan.

  14. Dan kita harus sadar bahwa hal buruk yang terjadi pada kita dapat berarti sebagai penghapusan dosa kita 🙂 jangan lupa kunbal dan follow blog ane gan 🙂

  15. Jangan ngeluh dan nyalahin siapapun.
    Nabi Adam AS aja nggak pernah nyalahin Hawa, begitu juga sebaliknya.
    Bahkan mereka ga pernah nyalahin setan. Mreka jalani semua, dg terus memohon ampun Allah..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s