Raden Gatotkaca

raden-gatot-kaca.jpgHalo Guys.., jumpa lagi dengan saya hari ini.. Setelah 2 hari gak buka blog karena kesibukan di duta, maka pada kesempatan siang yang sebagian tertutup kabut hitam ini, saya akan sedikit mengupas tentang kesenian tradisional pagelaran wayang kulit.

Banyak generasi muda sekarang yang gak suka dengan kesenian wayang ini… Bahkan aku sendiri juga sempat seperti itu. Dan akhirnya aku mulai sedikit tahu arti dan makna dari wayang ini…hanya bermodal kumpul, dan dalam perkumpulan aku memang yang paling muda..semua orang aku kumpuli gak perduli itu tua.muda,baik,jahat semua aku kumpuli tapi dengan prinsip tentunya (belajar membaur itu tidak harus melebur) harus tahu batas2annya, nah dari sinilah aku belajar dan mengambil pengalaman2 dari setiap orang. dan kalau seumpama ada sesuatu yang mengganjal di hati baru cari dukungan kuat dari seorang ustadz ,kyai , atau yang punya pengetahuan dibidang ini..,termasuk wayang ini.

raden-gatot-kaca.jpg

Sebenarnya Siapa Gatotkaca Ini

Raden Gatotkaca adalah putera Raden Wrekudara , Pandawa yang kedua. Kesaktiannya dikisahkan luar biasa, antara lain mampu terbang di angkasa tanpa menggunakan sayap, serta terkenal dengan julukan “otot kawat balung wesi (otot kawat tulang besi)”.

Seperti apa yang kita ketahui bahwa wayang ini berasal dari budaya hindu atau budha ,india atau thiongkok karena masih simpang siur dan tidak ada bukti yang konkret..tapi menurut aku pribadi dari india atau agama hindu karena memang pada zaman dahulu banyak orang jawa menganut ajaran hindu ini sebelum Islam masuk ke tanah jawa.

Tapi yang jelas, dan yang akan saya bahas hari ini bukan masalah dari mana asal mu asal wayang ini…, akan tetapi nama2 dan arti dari pertunjukan wayang kulit ini yang sudah dirubah oleh Kanjeng Sunan Kalijaga ini demi menyiarkan Agama Islam di Tanah Jawa pada waktu itu.. contohnya Raden Gatotkaca

Mungkin masih banyak orang yang tidak tahu atau memang tidak ingin tahu dan bertanya seperti contoh Raden Gatotkaca ini…, kenapa didada raden gatotkaca itu ada logo sinar /matahari di depan dada raden gatotkaca ini..,dan apa artinya..? Nah dari simbol inilah saya sering bertanya dan akhirnya mendapatkan suatu jawaban secara Islami dan pencerahan2 sesuai apa yang digubah oleh Kanjeng Sunan Kalijaga dari salah satu seorang Kyai menjelaskannya kepada saya.

Ternyata makna lambang Matahari yang ada di dada depan raden gatotkaca ini adalah :”Disini kita disuruh memperbanyak baca’an Dzikir LAILAHAILLALLAH sebanyak-banyaknya sampai panas sehingga Hati kita akan bersinar seperti simbol yang ada didada raden gatotkaca ini. Bahkan ini kalau diproses secara khusus akan jadi ilmu seperti ilmu orang jawa dulu. Untuk masalah Dzikir ini banyak istilahnya , seperti Dzikir Sirri,Dzikir Jabar

Sebenarnya masih banyak pengertian bab masalah wayang ini seperti penataan tempat wayang, arti layar kenapa kok warnanya putih tidak hitam, arti gunungan dan sebagainya

Maka dari itu banyak orang jawa mengistilahkan “wayang itu ton-tonan juga tun-tunan

Saya rasa cukup penjelasan tentang Raden Gatotkaca ini dan apa arti simbol sinar yang ada didada menurut pemahamanya.

Dan saya selaku admin disini mohon ma’af tidak bisa saya tulis tengtang pengertian2 yang lain.., karena bila saya jelaskan satu persatu akan memakan waktu yang cukup panjang pula. Untuk kurang lebihnya saya mohon ma’af bila ada salah kata dalam penulisan dalam artikel ini bukan maksud saya sok tahu atau bagaimana..,saya tahu ini karena saya juga belajar..

salam berbagi.

Iklan

16 pemikiran pada “Raden Gatotkaca

  1. Ooohh!! jadi pengertian logo lambang matahari ada artinya toh mas & yang berarti LAILAHAILLALLAH … aku kira cuma motif gaya pakaian ala Raden Gatot Kaca saja atau ciri khas… ternyata ada arti tentang keislamannya… sungguh luar biasa nih jadi tahu aku sekarang & artikel diatas juga cukup lengkap untuk diFahami.. ok sob thanks yaa sudah berbagi.. 😀

  2. Jujur saya sendiri kurang suka dengan t0nt0nan wayang, cz kurang mengerti alur crita.nya dan tokoh2.nya ? Jd bingung melihatnya..

  3. Hehe..Gatotkaca putra dari wrekudoro dan Arimbi alias keponakan Arjuna ini memang sakti mandraguna ya? waktu bayinya aja di celupkan kekawah condrodimuko gimana gak sakti..dan konon kabarnya sampai usia satu tahum tali pusar nya ga bisa dipotong dg senjata apapun..

    Betul..klo dijelasin satu persatu ga bakal habis sehari..saya sangat suka mempelajari karakter tokoh2 wayang meski hanya dongeng..semua karakter disana adalah gambaran ragamnya karakter manusia

  4. @Satria Tujuh Salju,
    bukan itu mas maksudnya..,tapi yang saya maksud disini agar hati kita bersih dan bersinar seperti lambang yang ada di gatotkaca ini kita harus memperbanyak berdzikir..seperti habis sholat biasa kita Dzikir LAILAHAILLALLAH .33X dari daripada tidak ada kegiatan kita tingkatkan lagi dzikirnya entah sampa 120 X atau berapa terserah..,makin banyak makin bagus.

  5. @riniwp,
    hehe..ya sob memang,masalah wayang ini kalau kita bahas satu persatu cukup banyak pengertianya…,belum arti gunungan,butho,semar,petruk dll.

    Thank.

  6. Pewayangan ini saya pribadi masih kurang begitu tahu asal usulnya, meski ada salah satu saudara yang menjadi dalang wayang krucil.

    Tapi meskipun demikian saya sangat menyukai budaya tradisi ini. Meski suka nonton tapi tak paham. Hehehe

  7. halo juga mas admin,

    aku cuma tahu Gatot Kaca itu gagah perkasa sakti luar biasa, untuk silsilahnya ya baru tahu setelah membaca dari blog favorit ini.

    Kalau menysksikan pertunjukan wayang kulit secara langsung dulu waktu masih kecil pernah, biasanya pertunjukan ini dimulainya sudah larut malam dan selesainya menjelang subuh. Jadi nontonnya nggak pernah selesai hehe,,

    Karena dulu lingkunganku suku Jawa, hampir setiap hajatan ada hiburannya pagelaran wayang kulit, wayang orang

    aduh! jadi ingat masa kecil nih

    makasih mas artikel ini bermanfaat, termasuk melestarikan dan mengenalkan budaya nusantara.

    Kalau soal berteman aku juga tidak pilih – pilih, yg baik dikuti dan dipelajari yg buruk cukup tahu aja

    selamat berpuasa

  8. Betuul
    .saya ga pernah nonton tapi cukup fasih dg karakter dan riwayat personil kurowo dan pandawa jg punokawan..juga banyak banget tarian jawa klasik serta sendratari yg pernah saya pentaskan.

  9. terus terang aku juga tak terlalu suka wayang kang walau sebenarnya dalam wayang terdapat filsafat hidup yang baik. Memang benar wayang itu lain tontonan juga bisa jadi tuntunan.:D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s