Makna Arti Tembang Jawa Gotri Nagasari

tembang-jawa-gotri-nagasa.jpgGotri Nagasari adalah sebuat tembang nusantara yang sering dimainkan anak-anak pada zaman dahulu, salah satunya tembang Gotri Nagasari. Dan ternyata tembang Gotri Nagasari ini juga menyimpan makna dan arti di dalam tembang lagu tersebut.

tembang-jawa-gotri-nagasa.jpg
pictures on the creation by : @JeniShow

Berikut Lirik Tembang Gotri Nagasari yang sering di mainkan anak – anak jawa pada waktu dulu :

Gotri ala gotri nogosari, ri
riwul iwal – iwul jenang katul, tul
dolan awan-awan ndelok manten, ten
titenono mbesuk gedhe dadi opo, po
podheng mbako enak mbako sedeng, deng
dengklok engklak-engklok koyo kodok

Tembang lagu Dolanan Gotri Nagasari yang berasal dari tanah jawa ini, biasanya dimainkan bersama anak-anak tiap malam atau pas pada waktu malam bulan purnama

Tembang lagu dolanan / bermain (Gotri Nagasari) ini sekarang sudah mulai menghilang atau bisa juga dikatakan sudah langka dan jarang dimainkan sama anak-anak zaman sekarang. Sebab sudah tertutup sama mainan anak-anak yang serba modern seperti zaman sekarang ini.

Makna Dan Arti Yang Terkandung Didalam Tembang Dolanan Gotri Nagasari :

Tembang lagu dolanan Gotri Nagasari punya makna atau arti ; “setiap manusia harus punya tujuan didalam hidupnya, mulai dari kecil manusia diajari buat hidupnya untuk di masa besarnya nanti.”

Contohnya : kalau mau mencari jodoh atau pendamping hidup , manusia harus menilai bakal calon jodohnya nanti. Jangan sampai salah, sebab kalau sampai salah bakal ela-elo uripe koyo kodok ( akan geleng2 kepala hidupnya seperti katak ).., Katak.png “!!

Saya rasa cukup penjelasan Makna Arti Tembang Jawa Gotri Nagasari di zona Edukasi | Jeni Bachelor’s Sites pada blog saya ini.

Dan saya mohon ma’af bila ada salah kata di dalam penulisan artikel ini.
for so much and see you later..’!

Aku Suka Budaya Nusantara..’!

Iklan

17 pemikiran pada “Makna Arti Tembang Jawa Gotri Nagasari

  1. baca arti dari liriknya bagus ya

    tapi permainannya yang gimana mas?

    di videonya ada nggak ya peragaan permainannya , aku mau lihat nanti tunggu wifi di rumah 🙂

    makasih mas
    selamat berpuasa

  2. Saya dulu suka sekali nih gan maen lagu gotri , tpi tidak tau makna nya. Sedikit hafal sich.
    Wah ternyata makna liriknya bagus.
    Thanks sekali gan infonya.
    Saya baru tau nih

  3. muehehehhee sepertinya di antara komenta2 yang sudah nembus disini cuma aku yang tak paham ya. Aku kira tembang yang seperti lengser wengi itu, ternyata ini gak ada sama sekali unsur mistisnya. 😀
    yang kacau di pikiranku sih, setiap kalimat tembang itu aku menanggapinya dengan hal mistis. Maaf ini aku kan dari sunda, belum paham. 😀

  4. @Faranggi Eva Lutvika,
    tapi sekarang sudah tahu kan..'

    @Nico Rhany
    pakai kreweng . hampir mirip petak umpet..,

    @Solihin always forever,
    yups…'

    @Ukhty Nur Maya
    ya masama.., seperti petak umpet may.

    @Yogi abilio
    ya sob. Sama2.. Makasih udah mampir.

  5. iya sob, disini sudah jarang yang mainkan lagu jawa apalagi lagu gotri nagasari. Sudah di ganti ps sama warnet dan mainan modern lainnya.:cry:

  6. Gotri Nogosari, sepertinya dulu pernah dengar. Tapi lupa2 ingat. Padahal aku ki yo wong Jawa, ndilalah kok aku ora patio ngerti.

    Ya, sepertinya lagu ini contohnya sdh langka. Anak2 jaman sekarng tdk tahu budayanya dulu. Kalau dari artinya intinya harus pandai2 memilih agar nantinya tdk ada rasa penyesalan. 😦

  7. Orang2 jaman dulu tuh benernya lbh cerdas2 ya.
    Klo kita perhatikan tiap tembang/ lagu jaman dulu pasti ada maknanya meski memakai kiasan..
    Gak kayak jaman skrng ngejar tayang n terkenal aja..
    Saya orang Jawa tulen yg masih njawani pasti msh hafal lagu2 jaman dulu..

  8. Orang2 jaman dulu tuh benernya lbh cerdas2 ya.
    Klo kita perhatikan tiap tembang/ lagu jaman dulu pasti ada maknanya meski memakai kiasan..
    Gak kayak jaman skrng ngejar tayang n terkenal aja..
    Saya orang Jawa tulen yg masih njawani pasti msh hafal lagu2 jaman dulu..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s